Langsung ke konten utama

Klasifikasi Jenis-Jenis Alat Berat



Dewasa ini eksistensi dari alat berat dalam proyek memang sedang naik daun. Karena dalam situasi ini pemerintah sedang besar-besaran mengadakan pembangunan dan perbaikan berbagai konstruksi aparatur. Sehingga pengadaan alat baru bagi perusahaan konstruksi yang terpilih untuk bekerjasama sangat diperlukan. Ada perjanjian harus diselesaikan dalam waktu tertentu sehingga membutuhkan tambahan beberapa alat berat. Namun sebenarnya ada berapa jenis alat berat itu?

Berikut ini klasifikasi jenisnya:

Baca juga : sewa forklift

Klasifikasi Alat Berat Berdasarkan Fungsional Alat

a.             Alat Pengolah Lahan

Kondisi lahan di proyek kadang kala memang masih dalam kondisi yang asli dan belum mengalami pengolahan sehingga memrlukan alat untuk mengolah lahan.

b.            Alat Penggali

Alat penggali ini sering disebut juga sebagai escavator. Yang diantaranya dikategorikan dalam front shovel, backhoe, clamshell dan dragline untuk menggali lahan yang akan dibuka.

c.             Alat Pengangkut Material

Salah satu diantara alat pengangkut material ini adalah crane yang sering dilihat pada berita perbaikan struktur kota maupun di atas gedung tinggi.

d.            Alat Pemindahan Material

Jenis alat berat ini tidak dalam kategori digunakan sebagai transportasi namun untuk memindahkan alat menggunakan material suatu alat ke alat yang lain lagi.

e.             Alat Pemadat

Alat yang satu ini berfungsi untuk memadatkan lahan dengan cara menimbun atau sebagainya. sebagian lahan pasti tidaklah sama rata sehingga ada lahan yang cukup tinggi namun juga rendah sehingga perlu dilakukan penimbunan.

f.             Alat Pemroses Material

Alat ini biasa disebut dengan molen, yang gunanya untuk memproses batuan dan juga mineral menjadi bentuk dan juga ukuran yang disesuaikan.

g.            Alat Penempatan Akhir Material

Alat ini berguna untuk menempatkan material pada tempat yang telah ditentukan.

Klasifikasi Alat Berat Berdasarkan Operasional Alat

a.             Alat Dengan Penggerak

Alat yang dimaksud merupakan bagian dari alat berat untuk berjalan yaitu roda. Roda yang terbentuk dari roda kelabang dan ban karet.

b.            Alat Statis

Sedangkan yang ini merupakan kategori jenis towercrane dsb.

Demikian tadi klasifikasi jenis alat berat yang akan menambah pengetahuan Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagai Nama Rumah Adat Suku Jawa yang Perlu Kamu Ketahui

Alasan Pasang Gigi Palsu Permenent Dan Jenisnya

Tips Lolos Interview Di Sekolah Internasional