Langsung ke konten utama

Jenis Pipa PVC dan Tips Memilih Jenis yang Tepat

 


Ada berbagai jenis pipa yang sering digunakan dalam instalasi perairan sebuah bangunan. Salah satu yang cukup sering ditemui adalah pipa PVC. Dibandingkan dengan jenis pipa yang lain, material dari pipa PVC atau Poly Vinyl Chloride ini karena harganya yang cukup terjangkau. Selain itu, pipa ini juga memiliki ketahanan dari asam alkali yang dapat mengikis lapisan pipa.

Proses instalasi pipa ini juga cukup mudah tanpa harus dirakit terlebih dahulu. Hal ini memungkinkan Anda untuk memasang sendiri tanpa memerlukan bantuan dari tukang pipa. Bahannya yang berupa plastik memungkinkan pipa ini untuk digunakan di berbagai keperluan rumah. Untuk daya tahan, biasanya pipa ini dapat bertahan sekitar 2 tahun dan harus dilakukan pergantian secara rutin. Berikut dilansir dari rucika.co.id sebagai berikut :

Jenis-Jenis Pipa PVC

1. Tipe AW

Jenis yang pertama adalah tipe AW. Tipe ini merupakan yang paling tebal dan daya tahan paling kuat, yakni mampu menahan tekanan hingga 10 kg/cm2. Oleh karena itu, jenis ini merupakan yang paling ideal untuk digunakan pada saluran yang bertekanan tinggi seperti pompa air.

2. Tipe D

Selanjutnya ada pipa PVC tipe D. Karena memiliki ketebalan yang sedang, pipa ini hanya sanggup menahan tekanan hingga 5 kg/cm2 saja. Jenis ini merupakan yang paling cocok untuk kebutuhan saluran air di rumah.

3. Tipe C

Tipe C merupakan jenis yang paling tipis dibandingkan dua sebelumnya. Karena tidak terlalu tebal, pipa ini lebih sering digunakan untuk lapisan pelindung kabel listrik.

Tips Memilih Pipa PVC

1. Mengetes kekuatan pipa

Tips ini berlaku jika Anda membeli langsung ke toko bangunan. Ketika sampai di lokasi, biasanya penjual akan memberikan beberapa penawaran pipa dengan merek yang berbeda-beda. Anda dapat mengecek langsung kekuatan pipa di tempat itu. Sesuaikan ukuran dan ketebalan dengan kebutuhan Anda. Jika masih belum terpikirkan mana pipa yang cocok, Anda bisa meminta rekomendasi dari toko tersebut.

2. Menyesuaikan dengan kebutuhan

Selanjutnya, Anda juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pipa PVC terbagi ke dalam 3 jenis dari segi ukuran. Setiap ukuran memiliki fungsi masing-masing. Pertimbangkan ketiga ukuran tersebut dan pilih mana yang paling cocok dengan kebutuhan. Jika Anda mencari untuk pengairan rumah, maka pipa dengan ukuran sedang adalah pilihan yang tepat.

3. Memakai fitting yang tepat

Fitting merupakan elemen yang penting dalam instalasi perpipaan karena berfungsi untuk menyambungkan pipa yang satu dengan pipa yang lain. Ada banyak sekali jenis fitting tergantung dari kebutuhan. Untuk bisa memilih fitting yang tepat, setidaknya Anda harus memiliki rancangan instalasi pipa terlebih dahulu hingga kemudian bisa ditemukan jenis fitting apa saja yang diperlukan.

Itulah beberapa tips untuk dapat memilih pipa PVC tanpa timbal yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Hal ini sangat penting karena jika salah memilih, Anda akan membuang budget Anda yang seharusnya bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagai Nama Rumah Adat Suku Jawa yang Perlu Kamu Ketahui

Alasan Pasang Gigi Palsu Permenent Dan Jenisnya

Tips Lolos Interview Di Sekolah Internasional