Langsung ke konten utama

Metode Pelaksanaan Pundit Test yang Perlu Diketahui

 

Pundit test atau dikenal dengan ultrasonic pulse velocity test merupakan salah satu pengujian yang dilakukan dimana tidak akan merusak atau bisa disebut juga dengan non-destructive test. Graha Survei Indonesia , Adapun tujuan dari metode ini adalah untuk melakukan identifikasi terhadap mutu atau kualitas yang dimiliki pada beton. Caranya adalah dengan memanfaatkan rambatan gelombang ultrasonic pada beton.

Bagaimana cara kerja PUNDIT test

Adapun proses kerja dari pundit test ini akan tergantung pada waktu yang ditempuh oleh gelombang ultrasonic yang merambat pada struktur beton bagian dalam. Gelombong ultrasonic itu sendiri akan dihubungkan dari transducer kemudian ditempatkan diatas lapisan beton. Alat ini maka akan segera melakukan pengukuran gelombang tersebut.

Adapun pengujian ini sendiri dilakukan dengan menggunakan 3 metode yakni direct transmisiion, semi-direct transmission, hingga indirect/ surface transmission. Adapun peralatan yang digunakan di dalam test ini adalah UPV pundit lab+versi digital, gurinda, media kalibrasi, meteran, ultrasonic gel hingga sikat kawat.

Metode pelaksanaan Pundit Test

1.      Persiapan lokasi uji

Ada beberapa tahapan pelaksanaan metode pundit tes ini pertama persiapan lokasi uji dimana ini menjadi persiapan awal untuk menentukan dan mempersiapkan lokasi titik uji. Adapun penentuan lokasi ini berdasarkan dengan kondisi beton dan permukaan yang relative bagus. Jika sudah, maka meratakan permukaan titik uji dengan menggunakan gerindra dan dilanjutkan dengan cara memberi tanda lokasi uji dengan pilox.

2.      Persiapan alat

Kemudian dilanjutkan dengan persiapan alat. Pada tahap ini akan dilakukan proses penyetelan alat UPV pundit sesuai dengan kebutuhan kemudian akan dikalibrasi sesuai dengan ketentuan pada benda uji kalibrasi.

3.      Proses pengujian

Di tahap ini adalah tahap pengambilan pulse velocity dengan menggunakan alat pundit. Ada 3 metode standar yang digunakan untuk pengambilan pulse velocity sesuai dengan yang disinggung sebelumnya. Untuk metode dengan direct transmission sangat disarankan karena memberikan hasil yang cukup akurat.

Demikian ulasan mengenai pundit test untuk membantu anda mengetahui bagaimanakah kekuatan dari suatu beton. Test ini pun juga akan memberikan banyak manfaat lainnya dalam dunia bangunan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagai Nama Rumah Adat Suku Jawa yang Perlu Kamu Ketahui

Alasan Pasang Gigi Palsu Permenent Dan Jenisnya

Tips Lolos Interview Di Sekolah Internasional