Langsung ke konten utama

Kenali Dengan Mudah Ayam Layer Betina



Membedakan ayam layer jantan dan betina bisa dilakukan dengan sangat mudah. Bahkan dari tahap masih telur pun bisa dilakukan. Hal ini akan membantu peternak dalam memilih mana telur yang patut untuk ditetaskan. Berikut ini beberapa cara mengenali mana ayam layer betina dnegan mudah.

Kenali dari embrionya

Walaupun belum menetas sekalipun, peternak dengan mudahnya bisa mengenali mana ayam layer jantan dan yang betina. Mengenali dari embrionya adalah salah satu hal yang dilakukan. Pasalnya, kedua jenis embrio ayam jantan dan betina sangat berbeda. Biasanya peternak akan mengambil cairan dari dalam telur dengan teknik dan tempat yang tepat.

Cairan itulah yang nantinya akan diteliti. Apabila, jenis ayam layer jantan maka akan mengandung hormon jantan. Begitu juga sebaliknya, ayam betina akan memiliki hormon betina. Kedua ayam jantan dan betina memiliki hormon yang berbeda. Maka dari itu, mengenali pada tahap ini akan sangat tepat.

Lihat langsung kelamin ayam

Banyak juga peternak yang kesusahan dalam medeksi jenis kelami ayam layer dari embrionya. Maka dari cara yang paling mudah adalah dengan melihat kelaminnya langsung. Anda bisa langsung melihat bagian anusnya atau dubur atau kloakanya. Apabila di bagian dubur tersebut ada titik kecil yang menonjol, maka bisa dipastikan ayam layer tersebut jantan. Sebaliknya ayam betina memiliki bulatan pada bagian duburnya.
Agar bisa melihat lebih efektif lagi saat melihat kelamin ayam, lebih baik dilakukan saat siang hari. Di mana pencahayaan masih snagat bagus. Selain itu, kenali kelamin ayam sedini mungkin. Pasalnya, jika sudah tua akan sangat sulit untuk mendeteksinya.


Lihat pada bulunya

Mengenali ayam layer betina juga bisa dilihat dari bulu ayam tersebut. Terlebih lagi, bulu yang berada pada sayap anak ayam. Walaupun, anak ayam belum memiliki bulu yang sempurna. Untuk bisa mengenalinya lihat bulu yang ada pada sayap anak ayam tersebut.

Bagian bulu yang dilihat adalah pada bagian bulu atas dan bulu bawah. Perbedaannya pun juga cukup menonjol. Untuk ayam layer berjenis kelamin betina akan memiliki bulu bagian bawah yang lebih panjang dibandingkan dengan pejantannya.

Ayam betina bertelur tanpa pejantan

Kebanyakan peternak akan memuskahkan ayam layer jantan karena memang ayam betina jenis ini tidak membutuhkan pejantan untuk bisa menghasilkan telur. Walaupun memang pada umumnya dalam melakukan pembuahan dibutuhkan pejantan dan juga betina. Namun sebelum ayam ini menetas sudah banyak terdapat sel telur muda di dalam tubuhnya.

Jadi meski tidak ada sel dari ayam layer jantan, ayam betinanya masih bisa bertelur. Bahkan sel telur yang dimiliki oleh ayam betina tersebut sudah dilapisi dengan cangkang telur atau kerabang. Namun begitu, telur tersebut tidak akan bisa menetas sebab pembuahan tidak terjadi dari sel ayam jantan. Bahkan bibitnya pun tidak ada.


Itulah alasannya mengapa ayam layer betina masih bisa bertelur, walaupun tanpa ada ayam jantan yang mengawininya. Baik, ayam layer jantan maupun betina memiliki keistimewaan mereka masing – masing. Walaupun, masih banyak yang memusnahkan ayam jantan karena dinilai tidak bermanfaat. Namun ayam jantan masih dibutuhkan untuk bisa menghasilkan DOC ayam layer yang baru.

Itulah sedikitnya pengetahuan cara mengenali ayam layer betina dan jantan. Pilih salah satu cara yang menurut Anda paling mudah dilakukan. Selain itu, bertanya langsung ke ahlinya juga sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagai Nama Rumah Adat Suku Jawa yang Perlu Kamu Ketahui

Alasan Pasang Gigi Palsu Permenent Dan Jenisnya

Tips Lolos Interview Di Sekolah Internasional