Langsung ke konten utama

Ternak Ayam Petelur untuk Menghasilkan Telur yang Sehat


Telur ayam adalah salah satu bahan makanan yang memiliki kadar protein tinggi yang sudah sangat akrab di kehidupan masyarakat Indonesia. Telur digemari banyak kalangan karena salah satu bahan makanan yang berigizi dan relatif murah serta dapat dengan mudah ditemukan. Telur dapat disajikan sebagai lauk dengan cara digoreng atau direbus. Selain diolah dengan cara digoreng atau direbus, telur juga merupakan salah satu bahan penting dalam proses pembuatan berbagai jenis makanan manis seperti kue kering atau basah maupun roti.

Telur yang baik pada umumnya dihasilkan dari budidaya ternak ayam petelur yang sehat dan berkualitas. Ayam yang sehat adalah ayam yang mendapatkan asupan gizi yang baik dari pakan yang diberikan di peternakan. Untuk dapat dikonsumsi dengan aman, budidaya ternak ayam petelur memastikan bahwa ayam-ayam petelur memperoleh gizi dan nutrisi serat dirawat dengan baik dan dalam lingkungan yang sehat agar menghasilkan telur-telur ayam yang berkualitas dan bermutu tinggi serta aman dan sehat untuk dikonsumsi masyarakat. Lantas bagaimana cra untuk mengetahui apakah telur yang kita konsumsi adalah telur dengan kualitas baik? Di bawah ini adalah beberapa pengetahuan mengenai telur yang berasal dari ternak ayam petelur yang baik dan berkualitas tinggi.

Ketebalan Cangkang atau Kulit Telur

Ternak ayam petelur yang memperhatikan kualitas ayam petelurnya, akan menghasilkan telur-telur yang berkualitas dan sehat. Telur yang berkualitas, sehat, dan aman untuk dikonsumsi dapat dilihat dari ketebalan cangkang atau kulit telurnya. Telur yang baik memiliki kulit atau cangkang yang cukup tebal dan tidak transparan serta cukup sulit untuk diretakkan. Kondisi cangkang telur yang baik dan tidak mudah retak dapat memberikan jaminan bagian dalam telur untuk tetap terlindung dari bakteri. Jika cangkang telur terlihat transparan dan mudah retak saat diketuk, dapat dipastikan bahwa telur tersebut tidak terlalu baik kualitasnya.

Guncangkan Telur


Cobalah untuk mengguncangkan telur untuk menentukan kualitas telur. Telur yang bagus dan berkualitas tidak akan mengeluarkan suara pada saat diguncangkan. Hal ini disebabkan “ikatan” antara putih dan kuning telur masih dalam kondisi baik. Putih telur yang bagus memiliki kekentalan yang lebih baik dibandingkan dengan telur yang sudah rusak atau sudah lama. Kekentalan inilah yang membuat telur yang baik tidak akan menimbulkan bunyi pada saat diguncang. Hal ini berbeda dengan telur yang sudah mengalami kerusakan karena pada saat diguncang, akan terdengar suara khas yang berasal dari dalam cangkang.

Warna Kuning Telur

Ternak ayam petelur yang menghasilkan telur ayam yang berkualitas akan mendapatkan telur dengan warna kuning telur yang kuning oranye. Semakin tua warna oranye yang terdapat pada telur, maka kualitas telur tersebut semakin baik.

Kekentalan Kuning Telur


Selain warna kuning telur yang oranye, kekentalan kuning telur adalah salah satu cara mengetahui apakah telur yang dihasilkan oleh ternak ayam petelur memiliki kualitas yang baik atau tidak. Kuning telur yang sehat dan baik akan terasa lebih kental saat disentuh dan kuning telur akan terlihat lebih solid dan tampak bulat sedikit cembung. Kuning telur yang mudah pecah atau tidak terlalu kental dan mudah bercampur dengan putih telur saat dipecahkan adalah salah satu tanda bahwa telur tersebut memiliki kualitas yang tidak terlalu baik.

https://www.extension.umn.edu/food/small-farms/livestock/poultry/backyard-chicken-basics/

Komentar

Pos populer dari blog ini

3 Keunggulan Digital Agency Jakarta Terpercaya

3 Plus Minus Jasa Pembuatan Website

Apa Saja Paket pada Web Design?