Langsung ke konten utama

Ketahui Hal-Hal Berikut Sebelum Memulai Usaha/Bisnis Roti



Saat anda mencoba untuk menjalankan sebuah usaha/bisnis roti, maka pada saat itu pula lah berbagai macam tantangan dan rintangan akan menghampiri anda, walaupun anda sama sekali belum memulainya. Hal tersebut dikarenakan pelaku bisnis roti semakin hari semakin bertambah banyak jumlahnya. Salah satu alasannya adalah karena bisnis roti dianggap sebagai bisnis yang cukup menjanjikan sebab produk yang dijual tergolong pada produk yang disukai oleh banyak orang. Dalam memulai usaha/bisnis roti ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan seperti di bawah ini. 

Baca juga : sari roti

Pertimbangkan Tempat Untuk Membuat Produk Roti

Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika akan membangun sebuah bisnis kuliner, termasuk roti adalah anda harus memiliki tempat untuk melakukan produksi. Jika bisnis roti masih dalam skala kecil, maka anda bisa memanfaatkan dapur rumah anda yang tidak terlalu besar sebagai tempat produksi sementara. Namun yang harus tetap diperhatikan adalah kebersihan dari tempat produksi. Selain menggunakan dapur sendiri, anda juga bisa memanfaatkan garasi rumah anda sebagai dapur produksi. Dengan memanfaatkan tempat yang ada, maka anda juga bisa sedikit memangkas biaya produksi dan juga biaya transportasi. 

Jangan Terlalu Banyak Berpikir

Saat sebuah ide telah muncul, kadang kala hadir kekhawatiran yang membuat rasa takut untuk melangkah lebih ke depan. Tentu saja hal ini sangatlah wajar terjadi, apalagi untuk orang yang sama sekali belum pernah berbisnis atau menjalankan sebuah usaha. Bahkan tidak jarang juga hal ini terjadi pada mereka yang sudah berpengalaman pada dunia bisnis. Walau demikian, semua itu bisa diatasi dengan meningkatkan kemampuan, kreatifitas, serta niat yang sangat kuat, karena semua itu adalah modal yang paling utama dan sudah sangat cukup untuk menjalankan sebuah bisnis  roti.

Buat Daftar Bahan Yang Harus Disediakan

Selanjutnya anda harus membuat daftar bahan apa saja yang harus disediakan, termasuk pada daftar alat yang akan digunakan. Contohnya adalah untuk membuat sebuah roti dibutuhkan tepung terigu, gula pasir, margarine, baking powder, bread improver, ragi instan dan serta telur. Jangan lupa buat daftar alat yang akan digunakan seperti mixer, pembagi adonan, hingga oven. Buatlah daftar bahan tersebut dengan disesuaikan berdasarkan banyaknya jumlah roti yang akan dibuat. Dengan membuat daftar bahan baku dan juga alat yang akan digunakan, nantinya bisa anda jadikan acuan untuk harga jual roti yang anda produksi. 

Tentukan Konsep Bisnis

Sebuah konsep bisnis menjadi salah satu hal penting dalam membuka sebuah usaha roti. Konsep bisnis mencakup toko yang akan dibuka untuk menjual berbagai produk roti yang telah dibuat ataupun hanya berfokus pada pesanan pelanggan saja. Tentunya jika anda memilih untuk membuka sebuah toko, maka anda memerlukan tempat tersendiri, namun jika anda hanya berfokus pada pesanan saja, yang tidak membutuhkan tempat untuk memajang aneka hasil produksi.

Catat Semua Transaksi dan Pantang Menyerah

Catatlah semua transaksi yang terjadi setiap harinya. Dengan begitu anda bisa mengontrol pemasukan dan juga pengeluaran keuangan perusahaan. Gunakan dana yang didapatkan dengan bijak dan jangan lupa untuk fokuskan pengeluaran hanya untuk kebutuhan bahan baku pembuatan roti dan juga untuk alat-alat yang dibutuhkan serta segala hal yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan. Selain itu sikap pantang menyerah juga sangat dibutuhkan karena sikap tersebut adalah salah satu kunci sukses dalam menjalankan usaha/bisnis roti. 

Nah itulah berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika anda berniat untuk membuka usaha/bisnis roti. Semoga menginspirasi.

Visite :  http://rotinyaindonesia.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Keunggulan Digital Agency Jakarta Terpercaya

3 Plus Minus Jasa Pembuatan Website

Apa Saja Paket pada Web Design?