Langsung ke konten utama

Sejarah Gulat Indonesia Yang Jarang Kita Dengar




Melakukan kegiatan semacam olahraga, tentunya menjadi suatu kebiasaan yang harus dilakukan sejak kecil oleh siapa saja. Baik olahraga yang biasa hingga dengan kategori yang menantang agar memacu orang yang melakukan jauh lebih bersemangat tentunya. Salah satu yang cukup dilirik oleh orang Indonesia adalah olahraga gulat dengan sejarah gulat Indonesia yang jarang kita dengar tentunya.

Pada dasarnya, gulat merupakan olahraga dengan tingkat kontak fisik antar kedua orang yang cukup keras dan kuat. Tujuan utama dari gulat adalah menjatuhkan badan lawan atau setidaknya membuat anda bisa mengendalikan pertandingan terhadap musuh. Teknik yang ada pada kegiatan gulat juga sangat beragam, selain itu para pegulat harus mengetahui fungsi dari setiap teknik yang ada tersebut.

Sejarah Gulat di Indonesia

Olahraga bernama gulat ini sebenarnya secara dunia sudah ada sejak lama dan menjadi sebuah pembelajaran pada beberapa negara jaman dahulu. Bisa dibilang juga, gulat adalah olahraga dari nenek moyang karena sudah cukup lama bisa tetap ada hingga saat ini. Jika melihat masuknya ke Indonesia, maka hal tersebut terjadi pada tahun 1960 dengan berdiri asosiasi yang amatir tentang olahraga gulat ini.

Membahas sejarahnya, maka olahraga gulat menjadi pertandingan resmi pada saat satu tahun setelahnya yaitu 1961. Bertepat di Bandung, acara yang ada pertandingan gulat di Indonesia adalah pada saat pekan olahraga nasional pada saat itu. Kemudian juga, olahraga satu ini dibagi menjadi beberapa kelas dengan jenis bobot yang berbeda. Indonesia sendiri memiliki prestasi yang belum terlalu baik pada sejarahnya, karena hanya memenangkan sedikit medali pada saat itu.

Manfaat Melakukan Olahraga Gulat

Setelah anda mengetahui sejarah yang ada, maka anda perlu mengetahui dari segi manfaat yang ada ketika melakukan olahraga ini. Berikut ini beberapa manfaat ada pada saat melakukan olahraga gulat :
1.      Mengembangkan sifat tanggung jawab

Bisa dikatakan juga bahwa melakukan olahraga gulat dapat membuat orang yang melakukan menjadi lebih tanggung jawab terhadap pribadi. Ini karena menjalani pelatihan yang ada dan juga membuat seseorang harus lebih tanggung jawab terhadap jenis latihan yang sudah dilakukan. Apalagi, tanggung jawab dalam keinginan membuat diri ingin menang ketika menghadapi lawan yang lebih kuat.

2.      Menjaga kondisi dan berat badan

Jika ingin melakukan kegiatan yang cukup keras semacam gulat, maka orang yang melakukan akan berusaha dalam menjaga tubuh. Menjaga disini bisa tergolong seperti pada berat badan atau kondisi kesehatan yang ada pada dalam tubuh agar menjadi stabil dan prima. Asupan yang ada pada saat makan sangatlah penting, agar pada saat melakukan kegiatan tersebut menjadi lebih bertenaga dan kuat.

3.      Disiplin pada pelaku gulat

Karena melihat berbagai sisi dari latihan yang ada, pastinya seseorang tersebut harus lebih disiplin agar mendapatkan latihan yang tepat. Keinginan untuk menjadi lebih baik akan didapatkan dari rutinitas latihan yang cukup berat. Dengan disiplin juga membuat setiap program yang sudah ada bisa dilakukan dengan maksimal, serta membuat pelaku gulat menjadi lebih teratur dalam menjalankan kegiatan gulat.

4.      Menguatkan mental

Bagi orang yang sudah melakukan kegiatan olahraga gulat sejak masih belia, maka mental yang dimiliki biasanya juga jauh lebih kuat dibanding lainnya. Ini karena kebiasaan dari latihan ketika biasa maupun ketika akan melakukan perlombaan yang cukup menguras tenaga. Para pelaku gulat juga biasanya jauh lebih terbiasa dengan olahraga yang intens dan bisa terjadi luka atau hal yang tidak disukai.

5.      Kemampuan atletik tubuh

Setelah semua tadi, manfaat yang tidak kalah penting adalah untuk membuat orang yang melakukan gulat bisa mengendalikan seluruh bagian tubuh. Karena gulat memang olahraga yang cukup keras, maka olahraga ini memaksa agar menggerakan seluruh bagian tubuh agar tetap menang. Itu juga yang membuat tubuh para pegulat bisa menjadi lebih lentur, kuat, dan daya tahan tubuh yang tinggi.

Dengan adanya manfaat serta sejarahnya, pastinya anda bisa jauh lebih tahu tentang informasi penting olahraga satu ini. Melakukan kegiatan olahraga apa saja, tentunya tidak akan merugikan anda karena berbagai macam manfaat yang sangat berguna. Yang terpenting adalah keinginan setiap orang agar bisa tetap melakukan kegiatan olahraga sesuai keinginan.

Sumber artikel dari superadventure.co.id bacaan lengkap soal petualangan di indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagai Nama Rumah Adat Suku Jawa yang Perlu Kamu Ketahui

Alasan Pasang Gigi Palsu Permenent Dan Jenisnya

Tips Lolos Interview Di Sekolah Internasional